LWF8NWB7LWFbMWxdNaZ8NGJ6LTcsynIkynwpACBc

Jenis-jenis kayu terbaik di indonesia no 2 memiliki ketahanan seumur hidup

informasi tentang jenis jenis kayu terbaik di indonesia diantaranya jenis kayu …

BLANTERLANDINGv101
8550668524703051478

Jenis-jenis kayu terbaik di indonesia no 2 memiliki ketahanan seumur hidup

 Jenis-jenis kayu - Indonesia adalah salah satu negara beriklim tropis yang dimana memiliki berbagai kekayaan alam yang melimpah. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki indonesia yaitu banyak nya jenis-jenis pohon kayu dikarenakan terdapat hutan hutan yang sangat lebat, 

Daerah penghasil berbagai jenis kayu terbesar di Indonesia

Salah satu daerah penghasil kayu terbesar di indonesia berada di Kalimantan. Kalimantan pernah di gadang gadang sebagai paru paru dunia dikarenakan hutan nya yang begitu luas.

  1. Kalimantan
  2. Pulau Jawa
  3. Pulau Sulawesi
  4. Pulau Papua
Ke empat daerah tersebut merupakan penghasil kayu terbesar yang ada di indonesia yang sering di kunjungi oleh para pengrajin kayu dan beberapa perusahaan besar yang bergelut pada bidang kayu di indonesia hanya untuk mencari kualitas kayu dengan ketahanan yang luar biasa.

Inilah ragam jenis kayu terbaik di Indonesia

Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga akan kekayaan alam yang di milikinya. Kami akan mengurutkan berbagai jenis kayu terbaik di dunia yang ada di indonesia dari yang paling kuat. 

Kayu Ulin

Jenis kayu ulin
Jenis kayu ulin merupakan salah satu kayu yang berasal dari Kalimantan dimana kayu ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan dapat di uji ketahanan nya karena jenis kayu ini adalah jenis kayu keras kelas 1. Saking kuat nya ketahanan kayu ini bisa sampai seumur hidup.
Untuk informasi lebih lengkap anda bisa cek link dibawah ini :

Kayu Jati

Jenis Kayu Jati

Jenis kayu Jati adalah jenis kayu yang sering dicari oleh para pengerajin kayu di Indonesia karena kayu ini sudah sangat terbukti ketahanan nya. Kayu ini sering di gunakan sebagai bahan dasar dari kusen, pintu, lemari dan arsitektur lainnya.

Para pengerajin kayu Indonesia sering memilih bahan baku kayu ini karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan peminat yang banyak seperti halnya para pengerajin yang ada di daerah Jepara yang lebih memilih bahan baku kayu ini untuk bahan dasarnya.

Ada pula perusahaan perusahaan yang bergelut di bidang kayu untuk di jadikan arsitektur rumah atau bangunan lainnya seperti lantai kayu.
Untuk artikel lebih lengkap anda bisa kunjungi link di bawah ini :

Kayu Merbau

Jenis Kayu Merbau

Jenis Kayu Merbau adalah salah satu kayu yang menjadi salah satu bahan favorit untuk berbagai keperluan. Mulai dari bangunan rumah, furniture rumah tangga, pintu, jendela, tiang, rangka atap, bahkan hingga jembatan hal ini dikarenakan sifat kayu yang kuat dan tahan lama. Permukaan kayu memiliki serat yang bermacam-macam dan mempunyai tampilan tersendiri yang menarik dan terkesan natural. 

Kayu merbau juga di kenal memiliki serat yang lurus dan menarik jika telah melalui proses pengolahan yang tepat. Kayu merbau sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dengan kayu yang lain mulai dari warna, serat, hingga tekstur dan kekuatan yang berbeda dari yang lain, kayu ini dikenal dengan kualitas tinggi. 

Kayu ini sangat umum digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembangunan rumah, jembatan, hingga konstruksi untuk perairan.
Info lebih lengkap cek link di bawah ini :
Jenis Kayu Bengkirai

Jenis Kayu Bengkirai menjadi salah satu jenis kayu yang saat ini masih di gunakan untuk kebutuhan hunian. Tentunya hal tersebut dikarenakan kayu bengkirai memiliki karakteristik yang unggul dan harga produk yang terjangkau. 

Pohon bengkirai atau kayu bengkirai dikenal dengan nama Yellow Balau hal tersebut dikarenakan kayu ini memiliki warna khas yang sedikit kekuningan atau cokelat cerah. Kayu bengkirai ini berassal dari Kalimantan dan bisa di temukan Filipina maupun Malaysia. Pohon bengkirai dapat tumbuh sampai 40 meter dengan diameter mencapai 120 cm.

Kayu ini memiliki kadar air yang rendah dengan kadari air 15% yang membuat kayu satu ini dapat kering dalam waktu 12 hari hingga  satubulan lamanya. Kayu bengkirai atau balau ini memang menjadi salah satu kayu unik dengan kualitas yang cukup tinggi, hal ini menjadikan kayu tersebut banyak di cari untuk di jadikan bahan baku material. 


Kayu Meranti

Jenis Kayu Meranti

Jenis kayu Meranti Merah merupakan salah satu jenis kayu khas daerah tropis yang cukup terkenal. Di Indonesia, kayu meranti berasal dari beberapa daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Maluku, Dan beberapa ada juga yang berasal dari Sulawesi.

Dari keempat daerah tersebut Kalimantan merupakan penghasil kayu meranti terbaik di Indonesia ketimbang tiga daerah lainnya, sehingga banyak orang-orang menyebut kayu meranti sebagai kayu Kalimantan. Kayu meranti tergolong kayu keras berbobot ringan sampai berat sedang. Berdasarkan berat jenis nya kayu ini memiliki beberapa jenis seperti meranti merah muda yang lebih ringan dan meranti merah tua yang lebih berat. 

Jenis kayu ini tidak terlalu tahan terhadap pengaruh cuaca, sehingga pengguanaan kayu ini tidak dianjurkan untuk digunakan di luar ruangan yang bersentuhan langsung dengan tanah. namun kayu meranti merah cukup mudah untuk di awetkan menggunakan campuran minyak diesel dan keorosot.

Kayu Nyatoh

Jenis Kayu Nyatoh

Jenis kayu nyatoh populer digunakan sebagai bahan furniture hingga pintu, kualitas dan tampilan yang hampir sama dengan meranti membuat nyatoh banyak di gemari oleh banyak orang, kayu nyatoh banyak di temui di daerah Kalimantan, Sulawesi, hingga Jawa seperti halnya kayu meranti. Persebaran kayu ini sangat luas sehingga mudah untuk di cari. 

Tampilan kayu nyatoh bisa di bilang sama seperti meranti karena kedua jenis kayu tersebut memiliki ciri khas yang menjol yang sama yaitu permukaan kayu ini yang sama berwarna merah. Adapun tingkat warna merah pada kayu ini menandakan usia dari kayu tersebut, semakin tua warna merah pada kayu itu maka semakin tua pula usia nya dan semakin baik mutu kayu tersebut. 

Namun ketahanan kayu ini bisa terbilang rendah jika dibandingkan dengan kayu lainnya, sehingga jenis kayu ini memiliki daya retak yang cukup tinggi. Meski begitu kayu nyatoh sering digunakan sebagai bahan dasar furniture, biasanya kayu ini sering digunakan sebagai tiang, balok, usuk, perahu, bahkan hingga papan lantai.

Kayu Keruing

Jenis Kayu Keruing

Di tanah air jenis kayu ini bisa kita jumpai di tiga pulau besar di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, kayu ini memiliki nilai jual yang cukup baik, kayu keruing ini biasa ditawarkan perbatang atau permeter kubik dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Tanaman ini biasanya berupa pohon sedang sampai dengan besar, dengan ketinggian bisa mencapai 65 meter dan panjang lurus, bulat gilik serta memiliki diameter 150cm hingga 260cm. 

Keruing menghasilkan kayu bangunan umum baik untuk konstruksi menengah maupun berat. Hampir semua jenis kayu keruing memiliki struktur, warna, ketahanan, dan keawetan yang serupa dengan kayu lainnya. setelah diawetkan keruing cocok untuk pengguanaan konstruksi berat diluar ruangan seperti tiang listrik atau telepon, pilar, bantalan rel kererta, pembuatan kapal, hingga dermaga.

Kayu Kamper

Jenis kayu Kamper

Kayu Kamper adalah jenis kayu yang masuk kedalam jenis kayu keras (hardwood) dengan kualitas tinggi. Kayu ini memiliki serat halus yang membuatnya mudah untuk diolah. Hal ini tentu menjadi favorit banyak pengerajin kayu terutama untuk bahan baku kusen, pintu, jendela dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, pohon kamper ini banyak di temui di kawasan-kawasan tropis seperti Kalimantan, terutama pada daerah Samarinda. Meskipun lebih banyak di temui di Kalimantan, kayu ini telah banyak di budidayakan di berbagai daerah sehingga kayu ini dapat didistribusikan dengan mudah. Salah satu keunikan dari kayu ini yaitu aromanya yang khas seperti kamper, hal ini membuat jenis kayu ini tidak disukai oleh serangga maupun rayap.

Pohon ini dapat tumbuh 20 sampai 30 meter dengan diameter 0,6 sampai dengan 1,2 meter, serat kayu ini memiliki tekstur yang halus dengan pola lurus maupun bergelombang. Warna dari pohon ini merah mirip seperti mahoni, hanya saja warna merah pada pohon ini cenderung lebih muda.


Itulah beberapa jenis kayu yang bisa anda temui di Indonesia dengan berbagai keunikan mulai dari warna, kekuatan, serat hingga struktur kayu dan harga yang bervariasi. Gunakanlah kayu sesuai kebutuhan anda dan jangan lupa perhatikan kekuatan dan kelemahan kayu yang akan anda pergunakan
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang