LWF8NWB7LWFbMWxdNaZ8NGJ6LTcsynIkynwpACBc

Kayu Merbau Adalah Kayu Indonesia Berkualitas, Kenali Karakteristiknya

Kayu merbau adalah kayu berkualitas tinggi yang sering jadi pilihan utama untuk…

BLANTERLANDINGv101
8550668524703051478

Kayu Merbau Adalah Kayu Indonesia Berkualitas, Kenali Karakteristiknya

Kayu merbau adalah salah satu jenis kayu yang banyak dipakai untuk membangun rumah maupun berbagai furniture rumah tangga. Kayu memang menjadi salah satu bahan favorit untuk berbagai keperluan. Mulai dari bangunan rumah, furniture rumah tangga, pintu, jendela, tiang, rangka atap, bahkan hingga jembatan.
kayu merbau
Hal ini dikarenakan sifat kayu yang kuat, awet, dan mudah dikerjakan sehingga banyak difavoritkan. Di samping itu material kayu mempunyai tampilan tersendiri yang menarik dan terkesan natural. Permukaan kayu dengan bentuk serat yang bermacam-macam adalah daya pikat tersendiri bagi para penggemarnya.

Kayu sendiri ada banyak sekali jenis dengan karakter yang berbeda antara satu jenis dengan lainnya. Kayu merbau adalah jenis kayu yang populer untuk berbagai kebutuhan. Pembuatan balok-balok dan tiang dalam konstruksi besar banyak yang memanfaatkan pemakaian kayu merbau karena terkenal memiliki sifat kuat.

Kayu merbau juga dikenal memiliki serat lurus yang menarik. Sehingga jika sudah melalui proses pengolahan yang tepat, kayu merbau banyak dipakai sebagai lantai parket. Jika Anda tertarik menggunakan kayu merbau sebagai material bangunan, ada baiknya mengenali sifat-sifat serta kekuatan kayu yang satu ini.

Asal-usul Kayu Merbau

Kayu merbau memiliki nama ilmiah Intsia bijuga. Jenis kayu keras ini dihasilkan dari pohon bernama ipil atau merbau sehingga dinamakan kayu merbau. Masyarakat Maluku dan Papua Barat banyak yang menjuluki kayu merbau sebagai kayu besi. Hal ini karena kayu merbau adalah jenis yang sangat kuat.

Pohon merbau sendiri tumbuh di berbagai negara. Penyebaran tanaman ini antara lain ada di negara-negara Afrika seperti Madagaskar dan Tanzania, negara-negara Asia seperti India, Myanmar, Malaysia, Indonesia, hingga ke benua Australia. Sementara kayu merbau di Indonesia banyak tumbuh di luar Pulau Jawa.

Penyebaran pohon merbau di Indonesia antara lain di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Jawa. Pohon merbau banyak tumbuh di kawasan dataran rendah terutama wilayah dekat pantai atau hutan payau. Hal ini dikarenakan merbau tumbuh baik di area hutan tropis basah.

Pohon merbau ukurannya relatif besar dengan tinggi bisa mencapai 50 meter. Kayu merbau adalah kayu yang memiliki banyak sebutan. Seperti yang telah diketahui, merbau tak hanya ada di Indonesia tapi hingga mancanegara. Penamaan kayu merbau dalam bahasa Inggris adalah mirabow, Moluccan ironwood, atau Malacca teak.

Karaketeristik Kayu Merbau

Kayu merbau memiliki karakter tersendiri yang berbeda dari material kayu lainnya. Mulai dari warna, serat, tekstur, hingga kekuatannya memiliki kekhasan tersendiri. Kayu yang dikenal memiliki kualitas tinggi ini sangat umum digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembangunan rumah, jembatan, hingga konstruksi untuk perairan.

Dari segi warna, kayu merbau adalah kayu yang memiliki warna coklat kemerahan, kuning kecoklatan, hingga berwarna kehitaman. Jika dilihat sepintas, karakter warna pada kayu merbau terlihat mirip dengan kayu jati. Sehingga banyak yang memilih penggunaan kayu merbau sebagai pengganti material kayu jati.

Ditinjau dari kekuatannya, kayu merbau dikenal memiliki tingkat kekerasan tinggi sehingga sangat kuat. Bahkan di beberapa daerah kayu merbau lekat dengan sebutan kayu besi saking kuatnya. Kayu merbau digolongkan dalam kayu kuat kelas I-II sehingga cocok untuk konstruksi berat seperti balok, tiang, dan bantalan.

Kayu merbau juga dikenal sangat awet dan tahan lama. Daya tahan kayu merbau terhadap serangan jamur yang menyebabkan pelapukan kayu terbilang rendah. Sifat awet kayu merbau termasuk ke kelas awet I-II. Ketahanannya terhadap penggerek laut juga menjadikan kayu merbau sering dipakai dalam pembangunan konstruksi prairan.

Kayu merbau adalah jenis kayu yang memiliki serat lurus melintang. Karakter khas inilah yang menjadikan merbau populer dibuat lantai parket. Lantai parket sendiri banyak difavoritkan sebagai lantai rumah. Terlebih bagi para pecinta rumah dengan tema natural. Maka jenis lantai yang satu ini sangat cocok diaplikasikan.

Pemanfaatan Kayu Merbau

Pemanfaatan kayu merbau sebagai material bangunan sangat luas. Penggunaan kayu merbau sangat umum untuk material utama kusen, baik kusen pintu maupun jendela. Konstruksi kusen adalah salah satu elemen wajib karena sebagai rangka pintu dan jendela. Sehingga harus memakai material kayu berkualitas seperti kayu merbau.

lantai kayu merbau

decking merbau


Selain kusen, kayu merbau banyak digunakan sebagai bahan baku tiang dan bantalan rumah. Daya kekuatan kayu merbau menjadi keunggulan tersendiri. Sifatnya yang keras dan juga awet sangat cocok dijadikan sebagai tiang penyangga rumah. Apalagi kayu merbau adalah kayu yang tahan rayap sehingga rumah tetap aman.
Decodern.com menyediakan produk yang berbahan dasar kayu merbau, diantaranya, Lantai Kayu dan decking kayu. ke-2 produk tersebut merupakan produk penutup lantai untuk indoor dan outdoor, Dapatkan informasi selengkapnya klik disini
Penggunaan kayu merbau lain yang tak kalah terkenal adalah lantai parket. Desain rumah-rumah minimalis yang mengusung tema natural banyak memilih parket atau kayu sebagai lantainya. Selain awet, kuat, dan tahan rayap, kayu merbau dipilih karena serat khasnya. Sehingga menjadikan lantai rumah semakin indah dan menarik.

Kayu merbau adalah kayu yang juga menjadi material alternatif untuk keperluan furniture atau mebel. Misalnya untuk pembuatan kursi, meja, lemari pakaian, buffet, tempat tidur, dan berbagai furniture lainnya. Selain kuat dan awet, kayu merbau juga bisa dipoles menggunakan pelitur dan menghasilkan furniture yang memuaskan.

Tak hanya tahan terhadap serangan jamur pelapuk kayu dan rayap, ternyata kayu merbau juga tahan terhadap penggerek laut (teredo). Keunggulan yang satu ini menjadikan kayu kerbau sebagai salah satu bahan pilihan untuk pekerjaan konstruksi di perairan. Banyaknya manfaat tersebut membuat kayu merbau sebagai kayu kualitas terbaik.

Harga Kayu Merbau 

Terkenal karena karakteristik kuat dan awet, kayu merbau adalah kayu yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai material interior dan eksterior. Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, kayu merbau juga dipakai untuk konstruksi yang lebih luas. Bahkan, kayu ini juga banyak dimanfaatkan oleh warga mancanegara.

Harga kayu merbau sendiri terbilang variatif dan bergantung pada model serta ukurannya. Secara umum, para pedagang kayu menjual kayu merbau dalam ukuran meter kubik. Harga kayu merbau sendiri terpantau berbeda-beda di pasaran. Misalnya kayu merbau Kalimantan dan kayu merbau Papua dibanderol dengan harga tak sama.

Harga kayu merbau Kalimantan dipatok dengan nilai Rp9,5 juta per meter kubik. Berbeda halnya dengan kayu merbau Papuan yang dihargai Rp13,5 juta per meter kubik. Penjualan kayu merbau di pasaran bisa dalam bentuk papan maupun log atau batangan. Jadi Anda dapat menentukan sendiri sesuai kebutuhan.

Harga papan kayu merbau adalah Rp15,5 juta dengan ukuran 400x10x3. Sedangkan kayu merbau log atau batang harganya Rp315.000 dengan ukuran 3x20x400. Jika membutuhkan ukuran yang berbeda tentunya harga juga berbeda. Namun harga tersebut bukanlah patokan. Sebaiknya hubungi penjual langsung untuk informasi harga teraktual.

Kini telah banyak penjual kayu merbau untuk memenuhi keperluan konstruksi eksterior maupun interior bangunan. Salah satunya yaitu CV. Rajawali Decoration yang merupakan perusahaan professional dengan fasilitas garansi resmi. Kayu merbau adalah salah satu produk yang bisa diperoleh melalui website resmi kami di Decodern.com.

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang