LWF8NWB7LWFbMWxdNaZ8NGJ6LTcsynIkynwpACBc

Tak Hanya Awet, Inilah Keunggulan Kayu Jati yang Mengesankan

Keunggulan kayu jati dibanding jenis kayu lainnya menjadi salah satu alasan men…

BLANTERLANDINGv101
8550668524703051478

Tak Hanya Awet, Inilah Keunggulan Kayu Jati yang Mengesankan

Keunggulan kayu jati tentu sudah banyak diketahui oleh hampir semua orang, sehingga menjadikannya sebagai pilihan untuk menjadi bahan dasar furniture untuk mengisi rumah mereka, termasuk Anda. Bukan hanya itu, para desainer pun juga memiliki berbagai desain inovatif untuk menciptakan berbagai berbagai furniture indah.

kayu jati

Hal ini digunakan untuk menghiasi rumah Anda, mulai dari ruang tamu hingga kamar Anda. Kayu jati jelas menjadi pilihan yang tepat, sifatnya yang kuat menjadikan berbagai furniture dengan bahan utama kayu ini menjadi sangat awet dan tahan lama.

Pohon yang berasal dari daerah tropis ini nyatanya sudah masuk Indonesia pada abad ke 20. Menjadi bahan unggulan dari PT Perhutani, kayu jati banyak memiliki unggulan yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak dahulu, berikut ulasannya.

Kayu Kokoh Pilihan Tepat

Kokoh, keunggulan kayu jati yang pertama akan diulas ialah sifat kokohnya yang tidak tertandingi oleh bahan lain. Kayu jati bersifat kokoh, pantas jika kayu ini juga menjadi pondasi dari rumah-rumah lawas dan menjadikan rumah tersebut awet, kuat dan jelas sangat kokoh menawan.

kayu jati

Tentu Anda mencari furniture yang kokoh, bukan? Kelebihannya yang satu ini membuat kayu jati menjadi sangat kuat dan jelas tahan banting. Anda juga tidak perlu khawatir, furniture dengan bahan dasar kayu jati juga akan memiliki sifat yang tahan terhadap api, membuatnya tetap kokoh berdiri tegak.

Tahan pada Serangga dan Rayap

Keunggulan kayu jati yang kedua dan sangat perlu Anda ketahui ialah, kayu jati sangat tahan terhadap serangan serangga dan juga rayap-rayap kecil yang keberadaannya sangat mengganggu. Keberadaan serangga dan rayap biasanya mempercepat rusaknya sebuah furniture dan menjadikannya rapuh, tapi tidak dengan furniture dari kayu jati.

Ia akan tahan banting dari rayap. Memiliki urat-urat kayu yang padat serta keras dan memiliki resin alami anti rayap, menjadikan kayu jati sebagai bahan dasar yang baik. Dengan sifat baik tersebut, kayu jati tidak akan mudah terserang rayap.

Jelas hal tersebut juga menjadikannya kayu dengan umur pakai yang sangat lama. Keunggulan inilah yang menjadikannya favorit dari banyak kalangan, terlebih jika sedang mencari kayu untuk penggunaan dalam jangka waktu panjang.

Ketahanan Terhadap Cuaca

Meletakkan furniture seperti kursi taman atau kursi halaman tanpa atap? Anda tidak perlu khawatir, karena keunggulan kayu jati yang ketiga ialah tahan terhadap cuaca apapun. Pergantian cuaca secara ekstrem pun tidak akan membuat kayu jati rusak, karena sifatnya yang sangat kuat.

kayu jati

Bahkan dengan nuansanya yang alami akan menjadikan furniture berbahan dasar kayu jati, seperti kursi taman akan sangat menyatu dengan alam. Alami dan kuat, sangat menguntungkan jika Anda memiliki satu saja perabot rumah tangga berbahan dasar kayu jati ini. Tentu akan menjadi furniture favorit Anda.

Awet, Tentu Tidak Diragukan Lagi

Keunggulan kayu jati lainnya yang ketiga ialah sangat awet dan tahan lama. Tentunya dengan perawatan yang tepat. Dengan perawatan tepat, furniture-furniture berbahan dasar kayu jati di rumah Anda akan bertahan lama, bahkan mencapai 100 tahun. Lama sekali, bukan?

Semakin lama usia kayu jati bertahan, jelas akan menciptakan furniture mewah, kuat dan juga memiliki harga yang tinggi. Anda juga akan mudah menemukan kursi dan juga meja antik dengan bahan dasar kayu jati. Itu karena kayu jati memiliki sifat yang awet juga tahan lama.

Tahan Terhadap Pembusukan

Membusuk? Tidak mungkin, karena keunggulan kayu jati yang kelima ialah tahan terhadap pembusukan. Karena sifatnya yang awet, tahan cuaca, tahan terhadap serangan serangga dan rayap, jelas tidak mudah untuk furniture dengan bahan dasar kayu jati menjadi busuk.

Sifat inilah yang menjadikan kayu jati menjadi favorit pilihan banyak kalangan termasuk juga Anda. Sifatnya kayunya yang memiliki kerapatan tinggi dan tahan air menjadikan furniture dengan bahan kayu jati tidak mudah keropos dan juga tidak mudah membusuk.

Hal inilah yang juga menjadikannya tetap kuat dan tahan lama. Kayu jati juga memiliki daya tahan alami terhadap bahan-bahan kimia bersifat sama dan basa sehingga ia juga tidak mudah rusak.

Stabilitas Bentuk yang Tinggi

Selanjutnya, keunggulan kayu jati yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk memiliki furniture berbahan kayu jati ialah memiliki stabilitas yang tinggi. Apa artinya? Tentu saja, kayu jati memiliki keistimewaan dibandingkan dengan kursi lainnya.

Susunan utama kayu jati secara alami ialah memiliki kandungan silica yang menjadikannya awet dan juga tahan lama. Dengan kandungan alami silica tersebut, menjadikan kayu jati akan tetap bertahan pada bentuknya, mulai dari awal pemakaian hingga akhir pemakaian.

Bentuknya akan tetap pada aslinya, karena urat-urat kayunya tidak akan mudah melengkung dan juga mengkerut. Itulah yang menjadikan kayu jati menjadi awet dan sangat cocok dijadikan furniture dengan pemakaian jangka waktu yang sangat lama.

Estetika yang Tinggi

Keunggulan kayu jati ketujuh yang sepertinya sudah banyak diketahui oleh banyak orang termasuk Anda ialah, daya tarik estetisnya yang sangat tinggi. Memang jadi rahasia umum, furniture dengan bahan dasar kayu jati tentu memiliki kecantikan alami yang sangat sempurna.

Tidak perlu diragukan lagi, corak alami dari serat-serat kayunya yang ditonjolkan tentu menjadi daya tarik tersendiri, bukan? Cokelat keemasan dengan coraknya yang cantik menjadikan nilai estetis dari kayu jati ini sangatlah tinggi.

Tekstur alaminya pun juga bekerja dan mempercantik furniture dengan bahan dasar kayu jati ini. Kecantikan serta keunikannya inilah yang tidak akan didapatkan dari kayu-kayu lainnya. Kayu jati jelas memiliki corak khas tersendiri yang amat indah dan menawan.

Memiliki Nilai yang Tinggi

Keunggulan kayu jati apalagi yang belum Anda ketahui? Sepertinya keunggulan yang satu ini jelas sudah Anda ketahui, karena keunggulannya yang satu ini memang menjadi khas tersendiri bagi kayu jati. Keunggulan kedelapan yang dimiliki kayu jati ialah, ia memiliki nilai yang tinggi.

Jika Anda membelinya dengan harga yang tinggi, sepertinya sangat jelas Anda juga akan mendapatkan harga yang tinggi ketika menjualnya. Ketika Anda menjual furniture kayu jati dengan usia yang sangat tua, akan sangat banyak kolektor kayu jati yang mengincarnya.

Semakin usianya tua, kayu jati ini akan memiliki nilai yang sangatlah tinggi. Tentu saja jika Anda merawatnya dengan baik dan benar, maka kualitasnya tetap bertahan lama. Anda tetap bisa merasakan memiliki furniture baru setiap waktu berkat kayu ini.
baca juga : Rekemendasi lantai kayu murah untuk memperindah rumah anda

Tahan Terhadap Kelembaban

Keunggulan kayu jati yang terakhir ini juga berhubungan dengan keunggulan lainnya. Selain awet, tahan cuaca, tahan terhadap serangan serangga, kayu jati juga jelas tahan terhadap kelembaban. Jika memasuki musim penghujan dan Anda memiliki kursi taman berbahan dasar kayu jati, Anda bisa duduk tenang.

Anda tidak perlu khawatir karena kayu jati ini sangat tahan terhadap kelembapan tinggi. Dalam proses pengerjaannya, kayu jati akan diolah sebaik mungkin, termasuk dalam proses pengeringannya. Hal inilah yang menjadikan kayu jati memiliki kadar air yang sedikit dan menjadikannya tahan kelembaban juga tahan terhadap air.

Jika Anda masih bingung dengan kegunaan lain dari kayu jati ini, Anda bisa mengunjungi decodern.com yaitu website resmi CV. Rawajali Decoration, sebuah perusahaan professional yang akan memberikan garansi resmi terhadap furniture Anda dan keunggulan kayu jati akan membuat furniture lebih berkualitas.
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang