LWF8NWB7LWFbMWxdNaZ8NGJ6LTcsynIkynwpACBc

Ketahui Perbedaan Plafon GRC dengan Gypsum

Bagaimana sih cara membedakan plafon GRC dengan plafon gypsum?

BLANTERLANDINGv101
8550668524703051478

Ketahui Perbedaan Plafon GRC dengan Gypsum

Perbedaan Plafon GRC dengan Gypsum

Perbedaan GRC dengan gypsum – Selain lantai, plafon juga menjadi salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah hunian. Ya, hal ini dikarenakan plafon yang berfungsi untuk menutupi bagian kerangka atap rumah, sehingga area langit-langit tampak terlihat lebih rapi dan indah.

Tak cuma itu, bahkan keberadaan plafon juga berperan sebagai pengatur suhu udara yang masuk melalui atap rumah., GRC dan gypsum pun menjadi material yang paling umum digunakan sebagai plafon.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat kita yang mengganggap bahwa gypsum dan GRC itu adalah jenis yang sama. Padahal, kedua jenis material plafon tersebut berbeda satu sama lainnya lho.

Pengertian GRC

Pengertian GRC

Istilah GRC itu sendiri merupakan singkatan dari Glass Reinforced Concrete atau biasa disebut juga dengan Glass Fibre Reinforced Concrete. Adapun mengenai komposisi material GRC yang terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi, lalu dikombinasikan dengan campuran semen, beton dan sebagainya.

Baca Juga : Tak Hanya Awet, Inilah Keunggulan Kayu Jati yang Mengesankan

Berbeda dengan beton biasa, yang mana material GRC mempunyai fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip. Kendati demikian, daya tahan dari meterial GRC ini tidak kalah kuatnya dengan beton. Bahkan, material GRC lebih mudah diaplikasikan yang sesuai jenis kaca dekoratif.

Keunggulan Plafon GRC

  • Mudah dibentuk
  • Bebas dari kandungan kimia berbahaya sehingga aman digunakan
  • kokoh dan tahan lama
  • Proses pemasangan yang cepat
  • Tahan terhadap air dan kelembapan tinggi

Kekurangan Pafon GRC

  • Selalu mengalami retak pada setiap koneksi
  • Bisa menghabiskan banyak confound, sehingga kepala bautnya tidak bisa ditutup dengan baik
  • Proses instalasi yang tergolong cukup sulit, dan bisa memakan waktu yang lama
  • Slaughter yang cukup rumit karena harus dipotong dengan bantuan alat berupa gerinda
  • Pola produk yang telah terbatas.

Pengertian Gypsum

Pengertian Gypsum

Gypsum merupakan seuah mineral yang umumnya terdapat pada batuan sedimen. Material gypsum ini kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, seperti plafon, papan dinding, hingga produk plester untuk bangunan.

Plafon gypsum juga kerap disebut dengan istilah sheetrock atau wallboard, dimana ia berupa lapisan gypsum yang diapit diantara dua lembar kertas berukuran tebal. Pada umumnya plafon gypsum mempunyai lembaran 4 kaki sampai 8 kaki.

Meski demikian, terdapat pula plafon gypsum yang ukuran kakinya mencapai 16 kaki. Adapun mengenai ukuran ketebalan plafon gypsum yang sangat bervariasi, mulai dari 1/4 inci hingga 5/8 inci.

Keunggulan Plafon Gypsum

  • Proses pemasangan yang sangat mudah
  • Pengerjaan yang lebih rapi, halus, dan tidak membutuhkan nat (sambungan)
  • Bentuk plafon gypsum bisa disesuaikan dengan beragam desain dan warna
  • Mudah dijumpai dipasaran

Kekurangan Plafon Gypsum

  • Plafon gypsum tidak akan tahan terhadap kelembapan 
  • Plafon gypsum juga mudah rusak saat terkena air
  • Daya tahan plafon gypsum terbilang pendek, yakni sekitar 3 – 5 tahun

Perbandingan Plafon GRC Vs Plafon Gypsum

1. Tingkat Ketahanan

tingkat ketahanan GRC Vs Plafon Gypsum

Dari segi ketahanan, mungkin plafon GRC ini lebih bagus ketimbang gypsum. Mengapa bisa demikian...???

Pasalnya, GRC Board terbuat dari bahan papan semen fiber glass yang memang terbukti tahan terhadap air maupun kelembapan. Lain halnya dengan gypsum yang mana daya tahannya lebih rendah dari GRC Board.

Itu sebabnya, mengapa gypsum hanya cocok diaplikasikan untuk plafon saja. Sedangkan GRC Board bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, seperti plafon, lisplang, kubah, dinding, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Mari Kita Lihat Perbandingan Lantai Kayu Vs Lantai Keramik

2. Tingkat Perawatan

tingkat perawatan GRC Vs Plafon Gypsum

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa setiap material bangunan itu membutuhkan sebuah perawatan yang tepat guna menjaga daya tahannya. Begitu pun dengan GRC Board dan gypsum yang tentunya membutuhkan perawatan tersendiri.

Dari segi perawatan, GRC Board ini dinilai lebih praktis ketimbang plafon gypsum. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material GRC Board yang lebih kuat dari plafon gypsum. Itu sebabnya, mengapa penggunan plafon gypsum membutuhkan perhatian ekstra karena ia tidak terlalu tahan terhadap air.

3. Penempatan

penempatan GRC vs Gypsum

Pada dasarnya material gypsum mempunyai sifat yang tidak terpengaruh oleh temperatur ruangan. Akan tetapi, gypsum memiliki kelemahan yang tidak tahan terhadap air dan serangan rayap. Berbeda dengan GRC Board yang tahan terhadap air maupun rayap, sehingga ia cocok diaplikasikan dimana saja.

Artikel Menarik Lainnya : Harga Plafon Kayu Lumberceiling

4. Tingkat Kesulitan Instalasi

Tingkat Kesulitan Instalasi GRC vs Gypsum

Mengingat material yang digunakannya berbeda, tentu saja proses pemasangan GRC Board dengan gypsum ini juga akan berbeda pula. Dinilai dari proses pemasangannya, plafon GRC Board memang membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sedangkan proses pemasangan plafon gypsum lebih singkat dan cepat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena bobot plafon gypsum yang lebih ringan dibanding GRC Board. Berbeda dengan proses pemasangan GRC Board yang harus dilakukan secara teliti dan hati-hati, sehingga dapat memakan waktu yang cukup lama.

5. Harga

harga GRC vs Gypsum

Tak hanya pada proses pemasangan, perbedaan antara GRC Board dengan gypsum juga bisa terlihat dari segi harganya. Dikarenakan kualitasnya yang lebih baik, maka tak heran jika harga GRC Board ini agak lebih mahal dari harga gypsum.

Kendati menawarkan harga yang lumayan mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan kualitas GRC Board yang begitu mumpuni. Tentu saja GRC Board merupakan pilihan paling tepat bagi anda yang ingin mendapatkan plafon dengan kualitas super.

Apabila budget anda memang terbatas, maka penggunaan plafon gypsum merupakan pilihan bijak. Ya jelas demkian, sebab harga plafon gypsum yang lebih murah dibanding GRC Board.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Terbaru dan Terlengkap Beserta Spesifikasinya

Nah, seperti itulah perbandingan antara plafon GRC dengan plafon gypsum sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jadi, apakah anda lebih tertarik menggunakan plafon GRC atau pafon gypsum…???

 

 

 

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang