LWF8NWB7LWFbMWxdNaZ8NGJ6LTcsynIkynwpACBc

Rekomendasi Jenis Pool Deck Terbaik Untuk Memperindah Kolam Renang

yuk, kita kenali jenis-jenis material pool deck untuk lantai pinggiran kolam re…

BLANTERLANDINGv101
8550668524703051478

Rekomendasi Jenis Pool Deck Terbaik Untuk Memperindah Kolam Renang

 

jenis pool deck terbaik

Jenis Pool Deck – Memang tidak semua orang bisa membangun hunian yang sudah dilengkapi dengan sebuah kolam renang. Hal itu bukan tanpa alasan, karena hunian yang dilengkapi dengan kolam renang harus dibuat di lahan tanah yang luas.

Belum lagi biaya operasionalnya yang cukup menguras isi dompet. Itu sebabnya, hunian dengan sebuah kolam renang itu hanya berlaku untuk kalangan menengah ke atas saja.

Saat hendak membuat kolam renang pribadi, tentu saja ada berbagai material yang dibutuhkan. Ya, salah satunya berupa pool deck. Lalu, apa yang dimaksud dengan pool deck?

Pengertian Pool Deck

Pada umumnya, pool deck berfungsi sebagai penutup lantai dasar yang diaplikasikan untuk pinggiran kolam renang. Penggunaan pool deck itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, karena ia dapat meminimalisir risiko terpeleset.

pengertian pool deck

Tak hanya dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan, kehadiran pool deck tersebut juga tentunya dapat memperindah desain kolam renang. Namun, hal itu tergantung pada jenis material pool deck yang digunakan.

Dengan kata lain, setiap jenis pool deck memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Ya, mulai dari tingkat kekuatan, keawetan, tekstur, warna, motif, hingga harga. Adapun mengenai beberapa jenis materia pool deck terbaik yang direkomendasikan seperti di bawah ini.

6 Material Pool Deck Terbaik

1. Deck Wood

Material Pool Deck Terbaik - deck wood

Jenis material pool deck terbaik pertama yang direkomendasikan untuk kamu, yakni deck wood alias decking kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan decking kayu solid dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural khas kayu.

Tak hanya dapat memperindah tampilan desain kolam renang, decking kayu solid juga sudah terbukti tahan terhadap air maupun perubahan cuaca ekstrim. Sehingga tak heran jika decking kayu solid dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Decking yang berbahan kayu solid ini memiliki pemrukaan dengan tekstur yang lebih kesat, sehingga membuatnya tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset. Seandainya terjatuh, kamu pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur decking kayu ini terbilang cukup empuk lho.

Artikel Terkait : Harga Decking Kayu Beserta Spesifikasi dan Keuntungan Penggunaannya

2. Deck WPC

Material Pool Deck Terbaik - deck WPC

Jika dilihat dari tampilannya, sekilas deck WPC ini memang sangat mirip dengan decking kayu solid tadi. Padahal, sebenarnya decking WPC merupakan produk decking kayu sintetis.

Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, yang mana materialnya terdiri dari serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik. Komposisi serat kayu pada decking WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna.

Pada umumnya, lantai WPC digunakan untuk area luar ruangan. Mulai dari samping kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, decking WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

3. Deck Keramik

Material Pool Deck Terbaik - deck keramik

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan keramik? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini. Ya, hal tersebut dikarenakan keramik menawarkan harga yang paling  murah diantara material lantai lainnya. Belum lagi keramik hadir kedalam berbagai motif dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Dengan demikian, maka tak heran jika material keramik sangat mudah untuk kita jumpai di pasaran. Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding.

Akan tetapi, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk dijadikan decking kolam renang. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

Artikel Menarik Lainnya : Mari Kita Lihat Perbandingan Lantai Kayu Vs Lantai Keramik

4. Deck Plester

Material Pool Deck Terbaik - deck plester

Deck plester atau yang biasa disebut dengan istilah lantai semen kerap ditemui di daerah pedesaan. Seiring berjalannya waktu, lantai plester pun mulai banyak diminati oleh sebagian masyarakat di daerah perkotaan.

Bahkan, tak jarang lantai semen ini diaplikasikan sebagai pool deck. Pasalnya, proses pengerjaan lantai plester ini jauh lebih simple sehingga dapat menghemat biaya operasional.

Pada beberapa penerapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kekurangan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Alhasil, keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yaitu pasir dan semen.

5. Deck Batu Alam

Material Pool Deck Terbaik - deck batu alam

Material lantai batu alam ini terdiri dari batu andesit, batu paras jogja, dan batu basalto. Batu andesit mempunyai karakter dan tekstur permukaan yang cocok diaplikasikan di area basah.

Adapun mengenai tampilannya yang mengusung warna abu-abu, sehingga akan menambahkan kesan mewah dan natural pada area outdoor di rumah. Bukan hanya itu, bahkan lantai batu alam juga memiliki daya serap tinggi terhadap air lho.

Ketika lantai batu alam diberi sentuhan coating yang tepat, maka jangan heran jika tampilan kolam renangmu akan semakin sedap untuk dipandang.

Begitu juga dengan batu basalto yang merupakan salah satu varian batu alam paling banyak digunakan untuk lantai pada tepian kolam renang. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tampilan batu basalto yang sangat mewah dan elegan.

Baca Juga : Keunggulan Genteng Metal Dibanding Genteng Tanah Liat

6. Deck Marmer

Material Pool Deck Terbaik - deck marmer

Untuk kamu yang ingin mempertegas nuansa kemewahan pada desain kolam renang, maka penggunaan lantai marmer ini adalah jawabannya. Pasalnya, lantai marmer memiliki kilauan bening sehingga dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.Selain dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.

Akan tetapi, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Dengan kata lain, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian? Pasalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

Nah, itulah beberapa jenis material pool deck terbaik yang direkomenadsikan untuk lantai kolam renang.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis material pool deck tersebut???

 

 

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang