LWF8NWB7LWFbMWxdNaZ8NGJ6LTcsynIkynwpACBc

Ingin Menggunakan Kayu Parket? Perhatikan Hal Ini Dulu!

BLANTERLANDINGv101
8550668524703051478

Ingin Menggunakan Kayu Parket? Perhatikan Hal Ini Dulu!

Sudahkah Anda memperhitungkan soal jenis lantai kayu parket sebelum melakukan pembangunan rumah? Karena bagaimanapun juga lantai merupakan bagian yang cukup penting untuk sebuah rumah. Pemilihan lantai yang tepat akan mendukung keamanan dan kenyamanan penghuni rumah. Maka dari itu jika Anda ingin memakai parket untuk lantai rumah, sebaiknya pahami dulu serba-serbinya.
kayu parket

Parket merupakan jenis lantai yang berasal dari kayu untuk bahan dasarnya. Dalam bahasa Inggris, parket disebut dengan istilah parquet. Umumnya para pelaku desain interior sering menggunakannya untuk mempercantik ruangan. Karena parket bisa memberikan kesan mewah di dalam ruangan dengan baik tanpa menimbulkan masalah (jika dirawat dengan benar).

Bahkan untuk proses perawatannya terbilang sangat mudah! Anda hanya perlu lebih sering membersihkannya menggunakan sapu setiap hari supaya lantai parket tidak lembab. Selain itu jika terkena basah, maka lantai harus segera dilap menggunakan kain kering. Lebih detailnya sebaiknya simak beberapa hal di bawah ini jika ingin memakai lantai kayu parket:

Jangka Pendek VS Jangka Panjang

kayu parket

Di Indonesia itu memakai lantai keramik adalah hal yang sudah umum. Bahkan hampir setiap rumah pasti menggunakan lantai dari keramik. Hal ini berbeda sekali dengan lantai dari parket. Tidak semua orang memiliki keinginan sama. Bila ingin menempati rumah dalam jangka pendek, misalnya untuk 5 tahun saja, Penggunaan Lantai Kayu dari bahan kayu asli, terasa sayang, karena harganya yang relatif lebih mahal. dan juga tidak bisa di bongkar pasang.

Pilihan Bijak adalah menggunakan jenis parket Laminated atau Vinyl, rentan hargga Lantai Kayu vinyl berkisar di bawah 200ribuan permeter. Berbeda apabila menggunakan Lantai Kayu asli, Biaya pasang dan finishingnya berkisar di Harga 170rban. sayang bukan. Namun semua kembali kepada anda, apabila anda memiliki Budget Unlimited, kenapa tidak.

kayu parket
Namun bila Anda ingin menempati hunian jangka panjang, silahkan gunakan lantai parket dari bahan kayu asli. Tampilan parket kayu asli memancarkan kemewahan, dan tampilan yang lebih natural. Banyak tersedia bahan parket dari kayu asli yang bisa di pilih, diantaranya : Parket Kayu Jati, parket Kayu Merbau, Parket kayu Ulin, semuanya akan memberikan kepuasan tersendiri, tatkala anda menggunakan parket kayu asli pada hunian anda. Suasan Hommey, dan mengalirkan kesejukan ke tiap ruangan akan anda rasakan.

Kesimpulan untuk kayu parket dari bahan kayu asli, gunakan lah apabila memang untuk penggunaan dengan waktu yang sangat lama, hingga puluhan tahun, Karena tentunya akan sangat disayangkan sekali bila menggunakan lantai yang mewah ini hanya untuk beberapa saat saja (jangka pendek). Terlebih dari segi harga tentunya lebih mahal daripada keramik. Jadi pastikan menentukan dulu jangka waktunya.

Perhatikan Kelemahan dan kelebihannya 

Seperti di sebutkan diatas Parket itu terdiri atas 2 jenis kayu yang berbeda. Yaitu kayu sintetis dan solid. Kayu sintetis ini disebut juga dengan istilah laminated. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk parket yang berasal dari kayu solid ini penampilannya menarik dan awet untuk jangka panjang. Karena kayu solid diambil dari pohonnya langsung.

Hanya saja harganya terbilang mahal namun penggunananya lebih tahan terhadap kelembaban udara. dengan kelembaban udara yang tinggi, atau tersiram air, parket kayu solid bisa di revisi, tanpa harus mengganti bagian yang rusak. Sedangkan kayu laminated memang harganya lebih murah dan penampilannya sama seperti lapisan kayu. namun sangat rawan terhadap kelembaban, Kayu parket Laminated akan cepat menggelembung apabila dalam keadaan kelembaban yang tinggi, karena lapisannya terbuat dari lapisan serbuk kayu yang di padatkan.

Parket kayu Vinyl Memiliki rentan harga yang tidak jauh berbeda dengan Lantai Kayu Laminated, tahan terhadap kelembaban yang tinggi. Namun memiliki permukaan yang cepat aus,  penggunaan lantai Kayu vinyl harus lebih hati hati terhadap goresan dari alassepatu yang terdapat kerikil kecil, atau saat memindahkan furniture, gunakanlah alas kain , atau baiknya yntuk memindahkan furniture di angkat, tidak di geser.

Perhatikan Jenis Dasar Lantainya 

Anda harus memperhatikan lantai dasar lantainya sebelum menggunakan parket. Pastikan lantai dasarnya memiliki kelembaban yang baik. Kebersihan dan kekuatan lantai dasar yang digunakan harus terjaga. Jika tidak hal ini bisa menyebabkan terjadinya pengeroposan pada lantai parket dan menjadi kurang proporsional.

Kayu parket bisa di pasang di atas lapisan Keramik,atau acian. tidak di sarankan memasang kayu parket pada permukaan lantai yang hanya di pelur saja, Kayu parket tidak akan menempel sempurna, dan akan menimbulkan bunyi saat di injak, karen kayu parket tidak menempel secara solid ke permukaan Lantai, namun mengambang pada permukaan lantai.

Perhatikan Pemasangan Kayu Parket

Dalam memasang lantai parket itu dibutuhkan ketelitian lebih daripada menggunakan keramik. Mau tahu alasannya? Karena dalam teknik pemasangan lantai parket itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu teknik sanding harus lebih teliti, flooring, ketepatan kontur semen dengan pasirnya terhadap jenis kayunya.

Bila Anda sembarangan dalam melakukan pemasangan lantai parket, akibatnya adalah tidak akan tercipta hunian yang nyaman. Anda tidak akan menemukan ruangan yang mewah seperti di internet jika melakukan pemasangan asal. Maka dari itu sebaiknya perhatikan teknik pemasangannya sebelum menggunakan lantai parket supaya bisa bertahan lama.

Jadi seperti itulah serba-serbi yang harus diperhatikan bila ingin memakai parket di rumah. Selain harus memperhatikan poin-poin di atas, jangan lupa untuk menggunakan jasa pemasangan parket yang tepat dan harus berpengalaman. Karena pengalaman jasa pemasangan lantai kayu parket akan memengaruhi investasi jangka panjang Anda.
TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang